Banjir Pujian Untuk Bu Susi, Kini Pujian Datang Dari Menko Maritim

4043ac73175a5416ab61112e86073a8dSapujagat.com – Indroyono menuturkan, sudah ada beberapa kebijakan terkait kelautan dan perikanan yang lahir selama satu bulan kepemimpinan Susi. Pertama pendataan kapal-kapal ikan secara lebih transparan, sehingga semua orang tahu kapal itu bodong atau tidak. Kebijakan kedua, larangan transhipment atau bongkar muat kapal ikan di tengah laut.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengapresiasi langkah dan kebijakan yang sudah dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Indroyono menilai, dengan ketegasan, banyak keuntungan yang didapat di sektor perikanan dan kelautan Indonesia.

“Ini bagus,” ujar Indroyono usai Rakor di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (2/12).

Kebijakan ketiga soal penindakan atas pencurian ikan dan kapal ilegal. Empat, soal pemasangan VMS 1×24 jam. Jika tidak dilakukan, izin bakal dicabut. Kelima yang sedang digodok adalah menenggelamkan kapal-kapal asing ilegal. Ini sudah diatur dalam UU No. 45 Pasal 69 ayat 4.

“Jadi ini universal. Jadi langkah ini benar. Masyarakat sekarang bisa membeli ikan-ikan bagus dengan harga murah. Sekarang pada pembeli ikan dari negara tetangga sudah datang langsung membeli ikan. Pasokan mereka bisa kita tambah,” ucapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*