Wow !! Kini hadir mobil listrik pertama yang bisa di lipat - Infotainment News Online Terkini

JagatTekno

Wow !! Kini hadir mobil listrik pertama yang bisa di lipat

on

2

Hal yang menyebalkan ketika hendak mencari tempat parkir di sebuah mal adalah ketika terdapat ruang kosong yang bisa seharusnya bisa ditempati oleh satu kendaraan lain, tetapi kendaraan kita tak muat untuk bisa parkir di sana. Inilah yang terpikir sebagai salah satu alasan tim Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) untuk merancang sebuah mobil elektrik yang hemat tempat.

2-armadillo-t-kaist-unveils-foldable-micro-electric-car

KAIST merancang sebuah kendaraan yang dinamakan “Armadillo-T”. Sesuai dengan namanya, kendaraan elektrik ini memiliki kemampuan untuk melipat diri dan membuat ukuran mobilnya menjadi lebih kecil. Armadillo-T ini sendiri merupakan sebuah kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan dua buah tempat duduk penumpang serta memiliki empat buah motor dalam keempat rodanya. Kecepatan maksimum dari kendaraan ini adalah 60km/jam.

Armadillo-T memiliki ukuran asli kurang lebih sepanjang 2,8 meter dan menjadi 1,65 meter ketika sedang dalam keadaan terlipat. Ukurannya yang tergolong kecil dan compact tersebut membuat Armadillo-T bisa digunakan sebagai mobil pribadi maupun transportasi umum antar lokasi dalam kota. Baterai Lithium-ion yang menjadi sumber energi utama Armadillo-T ini mampu membawa kendaraan ini hingga jarak tempuh 100 km, sehingga cocok untuk menjadi alat transportasi dalam kota. Hal yang juga unik dari Armadillo-T ini, selain kemampuannya untuk melipat diri, adalah kemampuan untuk dikemudikan dengan menggunakan smartphone.

armadillo-T-folding-electric-car-designboom-500x333

Profesor In-Soo Suh, selaku Associate Professor dari Graduate School for Green Transportation at KAIST mengatakan bahwa mereka berharap di masa depan, para pengandara kendaraan bermotor akan beralih dari kendaraan besar dan boros energi menjadi kendaraan compact yang lebih hemat energi. Terlebih kepada para pengguna kendaraan bermotor yang lebih sering menggunakan kendaraannya untuk transportasi dalam kota.