Tampil Buruk di Piala AFF, PSSI di Minta Evaluasi

Alfred-Riedl-Nil-MaizarSapujagat.com – Mantan pelatih timnas Nil Maizar berpendapat agar PSSI segera menjelaskan evaluasi kegagalan timnas di Vietnam perihal hasil yang jauh dari ekspektasi publik dalam AFF Suzuki Cup 2014

Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2014. Tim besutan Alfred Riedl itu hanya finis di peringkat ketiga Grup A dengan perolehan satu kemenangan tak berarti atas Laos. Sebelumnya, tim ‘Merah Putih’hanya bisa imbang 2-2 dengan Vietnam dan kalah t elak 0-4 dari Filipina.

Nil Maizar yang pernah menangani timnas dalam ajang serupa pada tahun 2012 tak mau berspekulasi dengan kegagalan itu. Dia sabar menunggu penjelasan PSSI. Toh, nasi sudah menjadi bubur. Menurut dia lebih penting untuk mendengarkan rencana PSSI menyiapkan timnas selanjutnya.

“Piala AFF sudah selesai, menurut saya, yang pertama ditunggu-tunggu publik adalah evaluasi PSSI terhadap timnas ini seperti apa? Hasil timnas seperti ini ‘kan tergantung dari blue print PSSI. Kalau hasilnya begini, ya, kita tanya ke PSSI. Mereka ‘kan berjanji akan mengevaluasi dan menginformasikan kepada masyarakat,” ujar Nil Maizar.

“Nah, dengan hasil yang di luar harapan masyarakat maka memang ini saat yang tepat buat PSSI untuk menjelaskan situasi timnas yang sebenar-benarnya. Mereka yang ada di sana ‘kan yang tahu betul kondisi timnas itu seperti apa? Merekalah narasumber utamanya.

“Barulah setelah evaluasi ada perencanaan seperti apa dua atau tiga tahun kemudian. Kami akan dengarkan rencana itu. Di sanalah kami sebagai pemerhati, mantan pemain, mantan pelatih bisa memberikan masukan. Bagusnya bagaimana,” ucap pria yang kini menangani Putra Samarinda itu.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*