Premier League : Manchester City berhasil “plorotin” pringkat Southampton

B3squ0XCMAArGKH

Southampton harus merelakan posisi kedua mereka direbut Manchester City setelah takluk 3-0 saat menjamu sang juara bertahan dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-13 di St. Mary’s Stadium, Minggu (30/11) malam WIB.

Di pertandingan ini, City yang tertahan di babak pertama memastikan kemenangan melalui lesakan Yaya Toure, Frank Lampard dan Gael Clichy meski mereka juga harus kehilangan satu orang pemain setelah Eliaquim Mangala diusir wasit akibat menerima kartu kuning kedua.

Berkat kemenangan ini, tim arahan Manuel Pellegrini kini berhak menduduki urutan kedua dengan menggeser Southampton sekaligus menempel ketat sang pemuncak klasemen Chelsea.

Babak Pertama

Manchester City turun dengan formasi yang menjanjikan di mana mereka menempatkan dua penyerang Sergio Aguero dan Stevan Jovetic untuk mendobrak barisan pertahanan Southampton yang terbilang kuat. Akan tetapi, peluang pertama justru dilancarkan bek Gael Clichy di menit kelima yang menembak bola dari luar kotak penalti namun sepakannya belum mengancam gawang kawalan Fraser Forster.

Tak lama berselang, Aguero terjatuh di area kotak penalti akibat mendapat tekel dari Jose Fonte. Alih-alih menunjuk titik putih, wasit Mike Jones yang memimpin pertandingan justru memberikan kartu kuning kepada pemain internasional Argentina tersebut setelah dianggap melakukan diving.

Gelandang Yaya Toure tak mau ketinggalan untuk memberikan ancamannya ke gawang Southampton. Jelang 15 menit babak pertama, mantan pemain Barcelona itu mencoba spekulasi tendangan jarak jauh yang sayangnya masih bisa diantisipasi Forster.

Tim tuan rumah bukannya tanpa peluang. Dengan bertumpu pada Graziano Pelle di lini depan, mereka hampir mendapatkan gol pembuka di menit ke-20 andai sepakannya yang menyambut umpan Morgan Schneiderlin tidak ditutup Joe Hart dan bola muntah yang disambar Dusan Tadic tidak di-cover penjaga gawang nomor satu Inggris tersebut.

Memasuki setengah jam, giliran Forster yang melakukan penyelamatan gemilang untuk mengurangi kecepatan tendangan Jovetic dari dalam kotak penalti. Di situasi tersebut, bola yang ditendang pemain 25 tahun itu melewati celah kaki kiper lawan namun Toby Alderweireld mampu membuang bola tepat di garis gawang sekaligus menyelamatkan timnya dari ancaman. Hingga akhir babak pertama, skor 0-0 tetap bertahan.

Babak Kedua

Manajer Ronald Koeman terpaksa melakukan pergantian yang tidak biasa dengan memasukkan bek Maya Yoshida untuk gelandang Schneiderlin yang mengalami cedera sebelum babak kedua dimulai. Ketika laga dilanjutkan, Alderweireld dan Tadic memberikan ancamannya masing-masing dalam rentang waktu lima menit ke gawang Hart, namun upaya dari kedua pemain itu belum berbuah hasil lantaran hanya menyamping dari gawang.

City justru berhasil membuka keunggulan di menit ke-51 setelah tendangan Toure dari luar kotak penalti tidak mampu diantisipasi Forster. Adapun, gol tersebut tercipta setelah pemain internasional Pantai Gading itu menerima sodoran umpan Aguero dan tanpa cela melepaskan tendangan keras yang sulit dijangkau kiper jangkung tersebut.

Kehilangan Schneiderlin tampak sangat memengaruhi permainan Southampton. Terbukti, lini tengah The Saints tidak lagi sanggup mengimbangi empat gelandang City yang dikomando Toure, belum lagi manajer Manuel Pellegrini menambah kekuatan dengan memasukkan Frank Lampard untuk Samir Nasri. Akibatnya, kubu lawan dengan leluasa mendikte pertandingan dan nyaris memperbesar keunggulan andai upaya dari sejumlah pemain The Citizens tidak melebar.

Memiliki momentum karena menguasai jalannya laga, City justru terpaksa harus bermain dengan sepuluh orang di menit ke-74 setelah bek Eliaquim Mangala menerima pengusiran dari wasit usai mengoleksi kartu kuning kedua akibat melanggar Shane Long yang sebelumnya masuk menggantikan Sadio Mane.

Meski demikian, City berhasil memperbesar keunggulannya di sepuluh menit terakhir setelah Lampard menaklukkan Forster melalui tendangan dari luar kotak penalti sebelum Clichy menutup pertandingan berkat golnya di menit ke-88 memanfaatkan umpan silang Aguero.

Susunan Pemain:

Southampton: Forster; Clyne, Fonte, Alderweireld, Bertrand; Schneiderlin (Yoshida 46′), Davis (Mayuka 82′); Tadic, Wanyama, Mane (Long 68′); Pelle.

Cadangan: Davis, Gardos, Targett, Reed.

Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Mangala, Clichy; Nasri (Lampard 65′), Navas (Demichelis 76′), Fernandinho, Toure; Jovetic (Milner 55′), Aguero.

Cadangan: Caballero, Sagna, Fernando, Pozo.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*