Melepas Penat di Air Terjun Malela - Infotainment News Online Terkini

JagatWisata

Melepas Penat di Air Terjun Malela

on

133252Sapujagat.com – Curug Malela adalah salah satu destinasi wisata di Bandung. Curug ini berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung. Dari Jalan Raya Cimahi sekitar 40 km. Rute menuju curug ini yaitu Cimahi-Cimarame-Cililin-Gunung Halu-Rongga-Cicadas.

Curug ini dikenal sebagai replika air terjun niagara versi mini. Walau saya bilang curug ini tidak seeksotis Curug Cikaso di Sukabumi namun perjalanan menuju curug inilah yang memberikan kesan tersendiri buat para traveller yang ingin menguji mental Anda.

Pasalnya jalan menuju curug ini bisa dibilang rusak dengan jalan yang terus menanjak. Namun jangan khawatir kita akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata berupa perbukitan dan perkebunan teh yang menghijau. Jika sudah sampai di Desa Cicadas, Anda masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 km lagi menuju curug ini. Dimana sepanjang perjalanan itu Anda sudah tidak lagi menemukan jalan beraspal.

Jalan yang Anda lewati hanya jalan berbatu yang sesekali dipenuhi dengan lumpur serta pemandangan jurang ditepinya dengan kontur jalan yang terus menanjak. Inilah medan offroad yang akan kita lalui menuju curug ini. Medan inilah yang akan menguji mental dan tekad traveler apakah Anda sanggup untuk menuju curug tersebut atau tidak.

Jalan berbatu tersebut akan berakhir pada turunan tajam yang berakhir pada rumah terakhir di desa tersebut. Di depan halaman rumah itulah tempat parkir motor berada, setelah kita menempuh perjalanan offroad yang melelahkan. Sementara buat yang menggunakan mobil Anda harus memarkirkan mobil cukup jauh karena jalan hanya bisa dilalui motor. namun jangan khawatir kita dapat menggunakan ojek motor.

Dari tempat parkir motor kita harus jalan kaki lagi 1 km dengan jalanan yang menurun dan cukup licin apalagi setelah kita hampir sampai ke curug tersebut. Jalanan yang kita lalui cukup curam dengan kontur tanah liat yang basah sehingga agak licin, maka berhati-hatilah dalam melangkah apalagi jalan cukup sempit dan hampir tak ada penjagaan berupa kayu disisi jalan untuk berpegangan.

Namun setelah sampai dan melihat curugnya semua kelelahan itu akan terbayar sudah. Setelah perjuangan yang panjang dan melelahkan akhirnya sampai juga saya di air terjun niagara versi mini dari Jawa Barat.

curug-malela-bandung-barat curug-malela 23022011(017) curug-malela-bandung-barat2