Manfaat Tiga Cangkir Kopi Dalam Sehari

kopi-3Sapujagat.com-   Sebuah studi terbaru mengungkapkan konsumsi kopi dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer hingga 20 persen lho.

Penelitian yang telah dipresentasikan ‘2014 Alzheimer Europe Annual Congress’ ini menemukan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur, lebih sedikit risikonya untuk terkena beberapa penyakit tertentu, termasuk Alzheimer. Penyakit yang berkembangnya secara lambar ini membuat seseorang sulit untuk mengingat hal-hal yang baru dipelajari dan juga menyebabkan halusinasi.

“Temuan yang diungkapkan dalam laporan ini sangat menggembirakan. Ini membantu pengembangan pemahaman kita tentang bahwa asupan gizi berperan dalam perlindungan terhadap penyakit Alzheimer,” kata Dr Iva Holmerova, perwakilan dari Alzheimer Europe, seperti dikutip dari Medical Daily, Senin (1/12/2014).

Dilanjutkan Holmerova, kopi adalah minuman yang sangat populer dan bisa dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Ini berarti risiko Alzheimer memiliki kemungkinan besar untuk bisa diturunkan risikonya pada siapa saja.

Dalam secangkir kopi terkandung polifenol, yang mungkin Anda ketahui sebagai antioksidan. Nah, menurut pada peneliti antioksidan sama seperti yang ditemukan dalam metode diet Mediterania. Antioksidan ini membantu mencegah pembentukan ciri-ciri penyakit Alzheimer yang dikenal sebagai plak amiloid.

Selain itu, polifenol juga mengurangi peradangan dan kerusakan sel-sel otak, terutama di area otak (hippocampus dan korteks) yang bertanggung jawab untuk fungsi memori.

Tak cuma untuk penurunan risiko Alzheimer, dari studi-studi sebelumnya konsumsi kopi juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati dan penyakit hati lainnya. Minum kopi secara teratur juga menurunkan risiko diabetes tipe 2; mencegah kerusakan mata dan penyakit Parkinson; dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Tetap dianjurkan tidak berlebihan. Optimalnya minum maksimal 3 cangkir sehari,” imbuh Holmerova.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*