Android Asuna, si Robot cantik dari Negeri Sakura - Infotainment News Online Terkini

JagatTekno

Android Asuna, si Robot cantik dari Negeri Sakura

on

JAPAN-ROBOT-TECHNOLOGY

Terkini pada ajang Tokyo Designers Week, maestro robotik Jepang, Profesor Hiroshi Ishiguro memamerkan karya robot terbarunya yang diberi nama ‘Android Asuna’. Robot berwujud wanita muda cantik jelita ini tampil sangat mirip dengan manusia.

Tak sedikit pengunjung acara yang dibuat kagum oleh Asuna. Bahkan seorang pengunjung mengatakan, “Asuna akan membuat kecan menjadi sangat indah dan murah!”

Teknologi robotik menjadi salah satu bidang yang sangat populer di Jepang. Maka tak perlu heran jika Negeri Sakura mampu menjadi yang terdepan di sektor robotik.

Menurut yang dilaporkan laman IB Times, Asuna memiliki tekstur kulit yang menyerupai manusai. Bahkan robot ini juga diciptakan dengan kemampuan menampilkan mimik wajah  sesuai dengan konteks.

Namun sayang, Profesor Ishiguro belum menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada Asuna. Saat ini Asuna masih beroperasi menggunakan kamera kontrol di bagian belakang tubuhnya, dan mampu meniru kepribadian orang yang mengontrol di balik kamera tersebut.

Takeshi Mita, CEO dari A-Lab asal Tokyo yang bekerjasama dengan Profesor Ishiguro menjelaskan bahwa Asuna yang telah dibekali AI direncanakan akan siap dalam 10 tahun ke depan. Ia berharap nantinya Asuna dapat benar-benar menyerupai manusia dan bisa hidup berdampingan dengan manusia.

“Kami sudah mengembangkan robot selama 20 tahun terakhir. Dalam 10 tahun ke depan, kita mungkin akan bisa menikah dengan robot yang telah dibekali AI,” papar Mita.