Harga Minyak Dunia Turun, Presiden Venezuela Pangkas Gajinya - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Harga Minyak Dunia Turun, Presiden Venezuela Pangkas Gajinya

on

nicolas-maduro-jadi-presiden-sementara-venezuelaSapujagat.com – Harga minyak dunia sedang turun drastis di bawah USD 70 per barel. Sementara penerimaan devisa Venezuela mayoritas berasal dari sektor migas. Presiden Venezuela Nicolas Maduro berencana mengurangi gaji bulanannya. Kebijakan ini juga akan diterapkan pada menteri-menteri, serta pejabat eselon lainnya.

“Ini adalah ujian komitmen bagi saya dan anggota pemerintah lainnya,” kata Maduro seperti dilansir Today Online, Sabtu (29/11).

Maduro yang terpilih dalam pemilihan umum menggantikan mendiang Hugo Chavez mengakui perekonomian negara sosialis itu sedang tidak sehat. Tahun ini, beberapa utang luar negeri Venezuela juga jatuh tempo sehingga memperunyam keadaan.

Dia mengatakan segera menerbitkan keppres, sebagai dasar hukum pembentukan tim yang mengkaji pengurangan gaji para pejaba Venezuela.

“Saya sudah memerintahkan gaji menteri dan direksi BUMN untuk dipangkas, dan itu harus dimulai dari gaji presiden,” kata Maduro.

Harga minyak dunia terjun ke posisi terendah multi-tahun baru pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah kartel produsen minyak OPEC memutuskan untuk mempertahankan pagu produksinya saat pasar kelebihan pasokan minyak.