Menguak Tempat Ibadah Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Menguak Tempat Ibadah Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang

on

penggalian-arkeologi-bukit-siguntangSapujagat.com – Tim Arkeologi Nasional dan Balai Arkeologi Palembang pun tengah menguak data sejarah di Bukit Siguntang. Penggalian baru dilakukan guna mendapatkan data-data sejarah di kawasan itu.

Bukit Siguntang di Palembang, Sumsel diyakini sebagai tempat suci di masa Kerajaan Sriwijaya. Seperti halnya kerajaan di Jawa, lokasi yang tinggi kerap dijadikan tempat peribadatan.

“Bukit Siguntang ini disebut tempat suci, pundennya orang Melayu. Diyakini pendiri Kota Malaka Parameswara tinggal di Siguntang,” urai peneliti utama Arkeologi Nasional, Bambang Budi Utomo, Jumat (28/11/2014).

Di Siguntang sudah ditemukan sembilan arca Budha. Ynag terbesar hingga setinggi empat meter. “Di sini banyak sekali pondasi bangunan stupa,” jelas dia.

Penggalian di kawasan Siguntang dilakukan sejak 1985. Kini para arkeolog mengupas lapisan tanah satu persatu demi menguak sejarah Siguntang.

“Kami ingin menambah bukti-bukti dan data arkeologi Sriwijaya di Palembang,” timpal Kepala Balai Arkeologi Palembang, Nurhadi Rangkuti.

Tak hanya di Bukit Siguntang, sebenarnya ada beberapa lokasi lain yang digali. Antara lain di halaman museum Sultan Badarudin.

“Ini Kota Palembang kan dibangun di atas kota reruntuhan Kerajaaan Sriwijaya,” urai Nurhadi.