Wow.. Lima Negara Bebas Visa Guna Genjot Wisatawan

106127394-bebas_visaSapujagat.com – “Pak presiden memutuskan kita harus memacu kunjungan wisatawan mancanegara dari 10 juta wisman pada 2015 menjadi 20 juta wisman pada 2019. Perlu diambil langkah-langkah agar sasaran bisa tercapai,” ujar Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo, saat ditemui di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (5/11).

Pemerintah bakal membebaskan visa untuk wisatawan China, Australia, Jepang, Rusia, dan Korea Selatan. Langkah ini diambil untuk mengejar target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Pembebasan visa tersebut diharapkan dapat mendongkrak jumlah wisman yang berkunjung ke Tanah Air hingga sebanyak 500 ribu orang per tahun. Sayang, terobosan tersebut bakal berefek negatif ke penerimaan negara karena kehilangan potensi pendapatan sekitar USD 11 juta dengan asumsi biaya pembuatan satu visa senilai USD 25.

Diharapkan, potensi hilang tersebut bisa tertutupi oleh penerimaan tak langsung dari transaksi 500 wisman tambahan di Tanah Air yang diperkirakan sekitar USD 1.200 per wisman. “Kita bisa mendapatkan setidaknya USD 540 juta per tahun,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga akan memangkas waktu perizinan kedatangan kapal wisata asing ke Indonesia. Dari semula sekitar 3 hari menjadi hanya 1 hari.

“Kita sepakat tim bergerak dan revisi kepres pada 3 November siap ditandatangani presiden,” ucapnya.

Pemerintah juga berkomitmen untuk memperbaiki infrastruktur kepelabuhanan di Tanah Air. Hal ini dimaksudkan agar kapal wisata besar bisa masuk.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*