Meredakan Sakit Kepala Tanpa OBat !

images (1)Sapujagat.com Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi dibagian kepala, yang biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti karena melewatkan makan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dehidrasi, stres dan masih banyak lagi.  Anda salah satu dari 22 juta orang yang menderita sakit kepada biasa dan migrain? Serangan sakit kepala terkadang datang tiba-tiba. Migrain dan nyeri kepala yang berdenyut kerap kali disertai dengan rasa mual.

Sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, ada baiknya melakukan beberapa cara alami untuk meredakan sakit kepala. Dirangkum CNN Indonesia, berikut cara tangkal sakit kepala tanpa obat:

1. Pilih makanan pembuka dengan bijaksana

Makanan yang diasap, dikeringkan, diacar, atau makanan yang disimpan lama, mengandung sulfit. Sulfit adalah jenis pengawet yang meliputi sulfur dioksida, natrium bisulfit dan kalium metabisulfit.

Biasanya digunakan untuk bahan tambahan pangan, seperti wine, buah kering, kerang beku, dan sup kalengan. Sulfit dapat melebarkan pembuluh darah dan dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Minum air yang banyak

Ada alasan baik di balik nasihat ‘minum air yang banyak’ berulang kali, kata Frank Lipman, MD, dokter sekaligus pendiri Eleven Eleven Wellness Center di New York City, seperti dikutip dari laman Prevention. Terutama jika Anda penggemar minuman berkafein tinggi seperti kopi atau teh karena menyebabkan dehidrasi.

3. Tarik napas dalam-dalam

Saat migrain dan sakit kepala hebat itu datang tiba-tiba, hentikan aktivitas Anda, lalu fokus. Tenangkan diri dengan beberapa kali menarik napas. Coba menarik napas sampai empat kali hitungan, lalu buang napas dengan tujuh kali hitungan.

Ketika cemas, seseorang akan mengambil napas pendek yang mengakibatkan kurangnya oksigen sehingga membuat pembuluh darah menyempit. Dampaknya adalah sakit kepala. Atur napas secara teratur dan perlahan untuk menghindari rasa sakit.

4. Cobalah pijatan bola tenis

Ketegangan di tubuh dapat memicu sakit kepala, kata Lipman. Lakukan usaha sederhana yaitu memijat diri sendiri di bagian punggung atas, leher, dan bahu dengan bola tenis.

“Sebelum tidur lakukan hal tersebut untuk mengistirahatkan dan membuat lebih rileks otot-otot yang tegang, juga mencegah sakit kepala,” katanya. Lakukan langkah berikut ini:

– Berbaring dengan posisi telentang, tekuk lutut, dan buka kaki selebar pinggul.
– Tempatkan dua bola tenis di bagian atas tulang belikat Anda secara berdampingan.
– Perlahan-lahan turunkan kepala dan bahu ke bawah.
– Tempatkan bantal di belakang kepala jika merasa leher tidak nyaman.

5. Matikan komputer

Menatap layar terang sepanjang hari menyebabkan ketegangan pada mata, dan gampang membuat otot pegal. Cobalah untuk mengambil 10 menit istirahat setiap jam Anda beraktivitas di depan layar komputer untuk mencegah sakit kepala.

6. Jangan berlama-lama di SPBU

Banyak orang yang alergi terhadap aroma tertentu. Gejala paling umumnya adalah rasa sakit di kepala yang membunuh. Tiga aroma yang cenderung memicu reaksi otak adalah bensin, tembakau, dan parfum.

Simpan botol kecil lavender alami atau minyak peppermint di tas untuk mengalihkan perhatian indra dari bau tersebut.

7. Pakai kacamata hitam

Sinar matahari dapat mengacaukan otak talamus, dan mengirimkan sinyal rasa sakit ke tubuh. Pakailah kacamata hitam untuk perlindungan sinar UVA dan UVB.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*