Mengenal Apa Saja Tugas Aparatur Sipil Negara

41UU-ASN-660x330Sapujagat.com -Seskab Andi Widjajanto menerangkan panjang lebar tujuan Komite yang Keppresnya disahkan sejak zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono namun belum sempat dilantik ini.

‎”Tugasnya berdasarkan UU ASN, antara lain melakukan pengawasan kepada rekrutmen aparatur sipil negara penempatan-penempatan aparatur sipil negara dalam jabatan-jabatan,” papar Andi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Komite ini nantinya akan memelototi proses rekrutmen‎. Tujuannya untuk memastikan berlangsung transparan, kompetitif hingga tdak ada KKN. Seluruh aparatur yang ada di kementerian akan masuk radar Komite ini.

Andi menampik jika komite akan bentrok dengan tugas dari inspektorat jenderal. Pasalnya Itjen hanya fokus pada pelanggaran disiplin serta pengawas program dari kementerian.

“Kalau ASN untuk meningkatkan kualitas aparatur sipil negara yang dimulai d‎ari rekrutmen itu,” ujar Andi.

Komite ini juga bisa memberi pertimbangan kepada presiden maupun kementerian PAN dan RB untuk penguatan aparatur sipil. Karena ruang lingkupnya yang sangat besar, komite hanya dibatasi soal mekanismenya saja.

“Bukan orang per orang,” tandasnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*