Kerja Sama Indonesia-Belanda Di Bidang Industri

ri-belanda-jalin-kerja-sama-bidang-tata-kelola-airSapujagat.com– “Diharapkan dari kerjasama ini, terjadi pertumbuhan ekspor pada sektor Food Ingredients sebesar € 7-­9 juta pada 2016, dan untuk Engineering Sector sebesar € 8,5 juta,” ujar Riris Mahardi, Sekretaris Direktorat Jenderal Kerjasama Kementerian Perindustrian melalui siaran pers, Rabu (26/11).

Kerjasama bisnis tersebut diyakini dapat meningkatkan ekspor bahan makanan dan permesinan ke Belanda hingga € 17,5 juta sampai 2016. kerjasama ekonomi di bidang permesinan dan bahan pangan dengan melibatkan 37 perusahaan dari kedua negara.

Menurut Riris, ruang lingkup kerjasama kedua negara ini meliputi analisis pasar, pembinaan ekspor, kegiatan pengembangan bisnis, serta pertukaran informasi tentang perdagangan dan kebijakan industri. Fokus kerjasama Indonesia dan Belanda ini ditujukan untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah (IKM) dan meningkatkan ekspor produk ke Uni Eropa.

“Program ini melibatkan setidaknya 20 perusahaan industri dari sektor Food Ingredients, seperti produk teh, kopi, olahan buah­buahan, dan lainnya, serta 17 perusahaan di bidang Engineering seperti suku cadang otomotif, dan elektronik,” tutur jelas Riris.

Selain dengan Kementerian Perindustrian, Kerajaan Belanda juga telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kerjasama bilateral ini merupakan program terpadu yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Sebagai informasi, ekspor Indonesia ke Belanda mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir sekitar 20 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Belanda pada 2013 sebesar US$ 4,01 miliar pada 2013, turun dibandingkan posisi 2011 yang mencapai US$ 5,07 miliar.

Tercatat pada 2013 nilai impor Indonesia dari Belanda sebesar US$ 907,3 juta, meningkat dibandingkan posisi 2013 sebesar US$ 807,2 juta.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*