Fahira Idris Berharap Ahok Berani Jadikan PAUD Gratis - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Fahira Idris Berharap Ahok Berani Jadikan PAUD Gratis

on

tumblr_inline_mlcdt1b1Ny1qz4rgpSapujagat.com – Wakil Ketua Komite III DPD ini menyatakan usia nol hingga enam tahun merupakan tahun emas (golden years) pembentukan karakter anak. Sayangnya banyak anak di DKI tak bisa menikmati pendidikan PAUD karena terbatasnya biaya.

Anggota DPD Fahira Idris meminta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membuat terobosan soal pendidikan anak usia dini (PAUD). Dia berharap Ahok bisa menjadikan PAUD sebagai wajib belajar sehingga bisa dinikmati gratis oleh anak-anak Jakarta.

“Saya berharap Gubernur Jakarta yang baru, Pak Ahok, berani buat terobosan membuat Jakarta sebagai daerah peratama yang PAUD-nya jadi wajib belajar,” kata dalam rilisnya yang diterima detik.com, Rabu (26/11/2014).

Padahal dengan pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Indonesia, Jakarta punya anggaran pendidikan yang cukup melimpah. DKI menggelontorkan Rp 12,1 triliun dalam APBD 2013 atau sekitar 28% dari APBD. Sayangnya hanya sekitar 3% dari jumlah itu diberikan buat PAUD.

“Saya berani jamin jika ini terealisasi, 20-30 tahun ke depan, Jakarta akan jadi salah satu kota terbaik di dunia karena dipimpin oleh orang-orang cerdas, jujur, dan berkarakter. Ini investasi,” kata dia.

PAUD di DKI ditaksir Fahira berkisar 1.250-an, dengan sekitar 68 ribu anak didik dan 6200-an tenaga pengajar. Menurutnya hampir semua PAUD itu inisiatif masyarakat. maka visi misi hingga kurikulumnya pun dibuat sesuai keinginan para penyelenggara PAUD. Sementara, tenaga pengajarnya kebanyakan adalah relawan dan 80% belum sarjana.

Selain itu, masalah lainnya yakni gedung PAUD di Ibukota kebanyakan masih sangat sederhana atau seadanya. Tenaga pengajarnya digaji sangat minim.

“(Honor guru PAUD) Tidak layak disebut gaji. Fasilitas sangat kurang, alokasi negara untuk PAUD juga seadanya,” ungkap wanita yang juga Ketua Yayasan Anak Bangsa Berdaya dan Mandiri ini.

Karena ini bukan soal PAUD jadi gratis saja, tetapi juga bicara peningkatan kapasitas guru dan fasilitas PAUD. Saya yakin Pak Ahok punya komitmen tinggi untuk pendidikan anak Jakarta,” pungkas putri Fahmi Idris itu.