Mulailah Hari Anda Dengan 7 Buah Ini..

sarapan-buah-buahan-baik-atau-buruk

Sapujagat.com– Pagi harusnya menjadi saat penuh energi untuk memulai hari. Padahal dengan sarapan yang baik dan memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi, bisa membantu tubuh untuk lebih siap menerima beban kegiatan hingga siang hari.

“Sebaiknya Anda sarapan dengan karbohidrat yang baik, serat dan juga protein,” kata Erica Giovanazz, ahli nutrisi seperti dikutip dari laman kesehatan health.com.

Jika tak sempat menyiapkan makanan untuk sarapan, pilih beberapa buah super ini dan kenali manfaatnya.

1. Jeruk bali

Jika ingin menurunkan berat badan, menurut hasil sebuah studi, sarapan dengan grapfruit atau jeruk bali patut dicoba. Kenapa demikian? Karena jeruk bali mengandung  banyak komponen pembakar lemak dan efektif untuk menurunkan tekanan darah juga kadar insulin.

jeruk bali

Jeruk bali juga bagus untuk menghidrasi tubuh, mengenyangkan  dan mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Pisang

Tak ada yang lebih ampuh dibanding pisang untuk mencegah rasa lepar di pagi hari. Pisang yang sudah matang — apalagi yang masih punya semburat hijau di kulitnya — mengandung karbohidrat yang menimbulkan perasaan kenyang lebih lama. Selain itu potasium dalam pisang juga baik untuk tekanan darah rendah,

Cavendish-Banana-Vertikal-1200
“Potong-potong dan masukkan ke dalam sereal atau oatmel, Anda tak akan membutuhkan tambahan gula dalam sarapan ini, “ kata Giovanazzo menyarankan untuk variasi pisang.

3. Semangka

Buah yang kaya akan air ini jadi cara bijak menyambut pagi tanpa dehidrasi. Semangka adalah juga buah sumber zat  lycopene yang baik untuk mata, kesehatan jantung,  dan pencegahan kanker.

watermelon1
Lebih menguntungkan lagi semangka hanya mengandung 40 kalori dalam satu cangkir. Plus diduga membutuhkan kalori lebih banyak saat dicerna, jadi sangat baik untuk yang ingin menurunkan berat badan.

4. Stroberi

Stroberi adalah makanan super karena mengandung banyak antioksidan tapi dengan hanya sedikit kalori saja,”  kata Giovanazzo. Satu cangkir stroberi cukup untuk memenuhi seharian kebutuhan akan vitamin C, dengan cukup banyak asam folat dan serah.

3237917859_ed954af3cb_b

Sebuah penelitian tahun 2013 menyebut, perempuan yang rajin makan stroberi setidaknya lebih dari tiga takaran saji dalam sepekan, lebih aman dari serangan jantung dalam 18 tahun sebelumnya.

5. Blewah

Blewah bukan hanya sedap jadi hidangan pembuka saat puasa. Tapi tenyata juga sehat untuk sarapan. Seperempat buah blewah atau setara dengan 170 gram, hanya mengandung 50 kalori saja. Sekaligus memenuhi 100 persen kebutuhan fisik akan vitamin C dan vitamin A.

images.php
Seperti juga saudara dekatnya, melon, blewah jg kaya akan konsentrasi air yang baik untuk membuat orang tetap terhidrasi dan merasa kenyang hingga waktu makan siang.

6. Kiwi

Ini memang bukan buah asli Indonesia. Tapi bukannya berarti sulit untuk didapatkan saat ini. Untuk sarapan kiwi sangat baik karena mengandung 65 gram vitamin per sajian, jumlah yang hampir sama dengan jeruk.

kiwi-heart
Kiwi juga kaya akan potasium dan mengandung lebih banyak serat dibanding pisang. Sehingga buah ini baik untuk mencegah sembelit pada pengidap masalah pencernaan.

7. Jus jeruk

Jus jeruk atau jeruk peras di pagi hari adalah cara segar untuk memulai kegiatan. Apalagi jika sudah diperkaya dengan vitamin D, minyak ikan, susu yang semuanya sangat baik untuk mencegah osteoporosis, depresi, dan sejumlah kanker.

Manfaat-Sehat-di-Balik-Segarnya-Jus-Jeruk2

“Namun tetaplah pada porsi segelas kecil satu hari. Karena jus jeruk bisa jadi tinggi kadar gulanya. Jadi sebaiknya tidak selalu dijadikan pengganti buah segar sehari-hari,” kata Giavannazo.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*