Ingin Cepat Langsing? Tambahkan Minuman Ini Dalam Menu Harian Anda - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

Ingin Cepat Langsing? Tambahkan Minuman Ini Dalam Menu Harian Anda

on

program-dietSapujagat.com –  Ingin dapatkan tubuh langsing atau turunkan berat badan? Tambahkanlah minuman teh dalam menu harian Anda. Teh sejak lama dikenal sebagai minuman yang berkhasiat memelihara kesehatan. Tapi ilmuwan menemukan satu lagi manfaat teh, yaitu sebagai penurun berat badan.

Berdasarkan studi meta-analisis yang laporan hasilnya akan dimuat pada American Journal of Clinical Nutrition, teh mengandung antioksidan catechin dan kafein. Dua kombinasi itu terbukti bisa meningkatkan energi dan pembakaran lemak.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau dan kafein saat menjalani diet penurunan berat badan, bobot tubuhnya berkurang lebih banyak selama 12 minggu ketimbang orang yang tidak meminum teh sebagai menu harian. Studi lain yang dilakukan pada 2011 juga menunjukkan bahwa teh yang kaya catechin bisa meningkatkan pengeluaran kalori hingga 100 kalori selama 24 jam. Teh hijau, teh putih dan oolong diyakini sebagai jenis teh yang paling efektif untuk turunkan berat badan.

“Tiap satu cangkir (150 ml) teh bisa membakar 25 hinggga 30 kalori. Dan setiap 240 ml bisa 40 kalori. Jika dibandingkan, ini setara dengan pembakaran energi dengan jogging selama 10 menit (untuk orang dengan berat badan 45 kg),” ujar pakar nutrisi Emilia E. Achmadi MS., RD kepada wolipop, beberapa waktu lalu.

Jika ingin mencoba, Anda bisa mulai menyesap teh setiap hari saat siang atau sore. Tapi perlu diingat, jangan menambahkan gula, susu atau krim pada teh karena hasilnya tidak akan optimal.

Minumlah secangkir teh hangat tanpa gula, dan pastikan produk teh (seduh atau celup) yang Anda konsumsi berasal dari daun teh asli. Konsumsi teh sebaiknya dibatasi hanya tiga cangkir sehari. Lebih dari itu, tubuh justru bisa mengalami dehidrasi karena teh bersifat diuretik (meningkatkan frekuensi buang air kecil) dan mengganggu siklus tidur Anda (teh mengandung kafein yang meningkatkan kewaspadaan).