Heboh ! surat Albert Einsten tentang Yahudi laku Rp 152 Juta

einstein1

Sebuah surat yang ditulis tangan dan ditandatangani oleh ahli fisika Albert Einstein baru-baru ini dilelang senilai US$ 12.500 atau setara Rp 152 juta. Surat yang Einstein tulis pada 1939 itu berisi tentang perasaannya yang mendalam terhadap penderitaan masyarakat Yahudi di bawah kekuasaan Nazi pada masa Perang Dunia II.

Lelang surat itu dilakukan oleh perusahaan lelang Nate D. Sanders di Los Angeles, Jumat (21/11), dari tawaran minimum US$ 10.000.

Dari laporan Live Science, Einstein hendak mengirimkan surat tersebut kepada seorang pedagang topi di New York, bernama Isidore Zelnikerof Bronx, yang terlibat dalam upaya meloloskan orang-orang Yahudi di belantara Eropa.

Isi surat ini tidak menjelaskan apa tindakan yang telah diambil Bronx. Namun, ketika surat ini ditulis, banyak orang Yahudi Amerika Serikat yang terlibat dalam membantu para pengungsi Yahudi di Portugal, Perancis, dan negara Eropa lain.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberi surat rekomendasi kepada orang Yahudi di Eropa untuk mendapatkan visa guna masuk ke Amerika Serikat.

Selama era 1930-an, Einstein sering menulis surat-surat semacam itu, termasuk memberikan selamat kepada pihak-pihak yang telah membantu para korban genosida Hitler.

Sebelumnya pada 2012 lalu, sebuah surat tulisan tangan Einstein tahun 1954 yang ditujukan untuk Eric Gutkind, seorang filsuf Yahudi di Jerman, sempat dilelang di eBay senilai US$ 3 juta (sekitar Rp 36 miliar) oleh seorang penawar anonim.

Dalam surat yang diberi nama “God letter” itu, Einstein menuliskan pandangan pribadinya tentang Tuhan dan agama yang terorganisir serta perasaannya terhadap ‘warisan’ Yahudi yang ada di dalam dirinya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*