Privasi chatting paling aman, WhatsApp android kini hadir dengan sistem anti mata-mata

 

whatsapp-lets-android-users-hide-now1-e1393139646640WhatsApp baru saja meningkatkan sistem keamanan mereka ke level tertinggi. Bahkan nantinya WhatsApp sendiri tidak bisa melihat pesan yang dikirimkan oleh pengguna mereka.

Dikutip dari Phone Arena (20/11), WhatsApp telah bekerja sama dengan Open Whisper Systems untuk memberikan sistem keamanan chatting terenkripsi pada aplikasinya. Menariknya, kali ini enkripsi tipe ‘end-to-end’ yang dipilih oleh WhatsApp.

Sistem enkripsi end-to-end dapat menutup celah bagi semua pihak untuk memata-matai percakapan Anda via WhatsApp. Dengan sistem enkripsi open-source ini, hanya Anda sebagai pengirim dan si penerima saja yang bisa melihat isi percakapan. WhatsApp atau pihak lain tidak akan mampu melihat chatting Anda dengan cara apapun.

Lewat cara ini, WhatsApp menjadi kebal terhadap paksaan pemerintah negara-negara dunia seperti Amerika yang diketahui sering meminta data percakapan pengguna dengan alasan penyelidikan tindak kriminal.

Meski bukan sistem enkripsi paling aman yang ada di aplikasi chatting atau aplikasi Android lain, WhatsApp plus enkripsi end-to-end membuatnya mendapat titel aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbesar yang paling aman. Mengingat saat ini WhatsApp sudah disesaki oleh lebih dari 600 juta pengguna.

Untuk mengembangkan sistem enkripsi itu, WhatsApp bersama Open Whisper Systems membutuhkan waktu yang tidak sebentar, hingga 6 bulan. Sayangnya, fitur keamanan terenkripsi ini masih tersedia untuk OS Android saja.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*