Edan, setelah terkubur selama 30 tahun game lawas ini laku Rp 450 juta

ini-dia-game-over-film-dokumenter-dari-atari-2

Ternyata untuk barang-barang jadul, seperti kaset video game lawas banyak orang yang rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkannya. Apalagi bila kaset-kaset game itu berhubungan dengan mitos masa lalu.

Sekitar 30 tahun lalu, Atari yang menjadi pionir dunia konsol game mengalami kegagalan saat membuat salah satu konsol game pertama mereka, Atari 2600. Untuk menutupi kegagalan itu, muncul mitos yang mengatakan bila Atari mengubur kaset-kaset game dari Atari 2600 di gurun sekitar New Mexico, Amerika.

Nah, pada bulan April lalu timbunan kaset game Atari 2600 telah ditemukan terkubur di daerah pembuangan di Alamogordo, New Mexico. Sadar ini adalah salah satu ‘peninggalan’ yang bernilai, pihak kota Alamogordo lalu mulai menjualnya di situs jual beli eBay.

Ternyata hasilnya melebihi ekspektasi dari kelompok penggerak sejarah kota Alamogordo yang menjualnya. Bagaimana tidak, sekitar 100 kaset game dari Atari 2600 yang dijual awal bulan ini laku hingga Rp 450 juta!

Salah satu kaset game termahal yang berhasil terjual adalah sebuah game berjudul E.T (Extra Terrestrial) dengan nilai Rp 18,5 juta.

Menurut beberapa sumber, mitos yang menyelimuti kaset-kaset Atari lah yang menjadi alasan utama banyak kolektor game yang bersedia mengeluarkan dana besar hanya demi kaset game jadul yang dibuat sekitar tahun 1970an itu. Apalagi, kaset-kaset itu digali di dekat lokasi peledakan bom atom di New Mexico.

Tidak mengherankan bila akhirnya lelang di eBay itu berhasil menarik minat banyak calon pembeli dari luar Amerika, misalnya Swedia hingga Jerman, Mashable (17/11).

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*