Kartu BBM Untuk Nelayan - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Kartu BBM Untuk Nelayan

on

338469_620Sapujagat.com– “Saya yakin banyak nelayan sebetulnya tidak punya akses ke BBM subsidi,” ujar Menteri Susi kepada wartawan.

Hal itu dikatakan di sela acara Konferensi Nasional ke 9 Pengelolaan sumberdaya pesisir, laut dan pulau-pulau kecil dengan tema ‘Menuju tata kelola laut & pesisir yang baik untuk kesejahteraan masyarakat’, di Hotel JW Marriott Surabaya, Rabu (19/11/2014) malam.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merasa yakin kenaikan harga BBM tak berdampak pada nelayan. Namun, pihaknya berharap, pengalihan subsidi BBM untuk revitalisasi alat tangkap nelayan.

Susi menerangkan, lebih baik pengalihan subsidi BBM untuk membantu para nelayan dengan memberikan alat tangkap yang lebih baik.

“Jadi saya pikir lebih baik uangnya untuk subsidi BBM ini kita alihkan ke bantuan alat tangkap dari yang kecil menjadi yang besar, itu keinginan saya lebih ke sana,” ujarnya.

“Jadi dialihkan ke hal yang lebih produktif yaitu mulai dari alat tangkap yang lebih baik dan kapal yang lebih besar,” terangnya.

Menteri nyentrik ini menambahkan, kapal yang mendapatkan bantuan dari pengalihan subsidi adalah dibawah 30 gross tonnage (GT).

“Kemudian yang dibawah 10 gross tonnage (GT) ini dibebaskan semua izin-izinnya. Tidak ada pungutan-pungutan pengurusan izin-izin,” jelasnya.

“Kartu nelayan ada pengalihan subsidi BBM. Bantuan program pemberdayaan yang lebih produktif,” tandasnya.

Rencananya, para nelayan ini tidak hanya mendapatkan kartu khusus untuk BBM, tapi juga mengenai cash management.