Finlandia Mempunyai Sistem Pendidikan Yang Wajib Ditiru - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

Finlandia Mempunyai Sistem Pendidikan Yang Wajib Ditiru

on

kiat-memilih-asuransi-pendidikan-untuk-anak-580x400Sapujagat.com– Nilai yang baik yang selalu dicetak siswa Finlandia dalam Program Penilaian Siswa Internasional, atau PISA, untuk mata pelajaran membaca, matematika dan ilmu pengetahuan alam, merupakan salah satu sistem pendidikan terkemuka di dunia yang patut ditiru.

“Jutaan orang tua Amerika mencoba untuk mencari tahu sistem pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak. Mungkin mereka bisa meniru sistem pendidikan di Finlandia,” kata Pasi Schelberg,¬†akademisi Finlandia dan dosen tamu di Universitas Harvard kepada CNN, awal Oktober lalu.

Menurut Schelberg ada tiga hal yang membedakan sistem pendidikan di Finlandia dengan di Amerika Serikat maupun negara lain.

Pertama, Finlandia telah membangun sistem sekolah yang mendukung pemerataan pendidikan bagi semua anak.

“Pendidikan anak usia dini bagi semua anak, dana semua sekolah difokuskan agar sesuai dengan anak berkebutuhan khusus, serta kurikulum yang mengutamakan kemampuan seluruh anak dibanding hanya menitikberatkan prestasi,” kata Schelberg.

Kunci kedua, menurut Schelberg, penguatan kerja sama antar guru.

“Rata-rata beban mengajar guru SMP di Finlandia setengah kali lebih sedikit dibanding di Amerika, sehingga para guru bisa punya waktu untuk berbagi ide untuk meningkatkan kualitas pengajaran,” ujar Schelberg.

Menurut Schelberg, sistem pendidikan di Finlandia adalah sistem yang diimpikan banyak pengajar. Di Finlandia, profesi pengajar adalah profesi yang paling bergengsi serta dipercaya oleh pihak berwenang.

Kunci ketiga, sistem belajar sambil bermain yang tepat terbukti ampuh di Finlandia untuk meningkatkan kemampuan para siswa.

“Bermain merupakan bagian penting dari pertumbuhan individu dan pembelajaran di sekolah Finlandia,” kata¬†Schelberg.

Schelberg menjabarkan semua sekolah di Finlandia menerapkan waktu istirahat selama 15 menit setiap kali mata pelajaran berganti. Waktu belajar di sekolah Finlandia juga lebih pendek dibanding di AS.

Selain itu, semua sekolah dasar di negara itu memberikan beban pekerjaan rumah seminim mungkin agar siswa memiliki waktu untuk mengembangkan hobi dan bermain dengan teman-teman mereka sendiri ketika jam sekolah usai.

“Edukasi di negara lain hanya mementingkan ujian dan nilai. Sekolah swasta juga dianggap lebih baik dari sekolah negeri. Ini tidak terjadi di Finlandia,” kata Schelberg.

Hasil PISA tahun 2012 menunjukkan Finlandia menduduki peringkat ketiga setelah Korea dan Jepang untuk mata pelajaran membaca, matematika, dan sains.