Rajin Berjalan Setiap Hari Membantu Kualitas Memori Orang Dewasa

Women taking break from exercise

Sapujagat.com, Jangan malas lagi untuk bergerak atau rutin berjalan jika ingin memiliki daya ingat yang lebih baik di hari tua. Sebab studi membuktikan bahwa kebiasaan ini membantu mencegah menurunnya kemampuan untuk mengingat.

Sebelumnya rutinitas berjalan, khususnya bagi para lansia atau mereka dengan usia dewasa, dapat membantu mempertahankan kondisi fisik yang lebih prima. Salah satunya indeks massa tubuh stabil lebih lama dan tekanan darah yang lebih terkontrol.

Nah, kini ilmuwan mengungkapkan bahwa tak sekadar sampai di situ saja. Rutin berjalan juga membantu para orang dewasa dan lansia untuk bisa memiliki kemampuan kognitif lebih baik. Oleh sebab itu, kemampuan berpikir dan mengingatnya pun menjadi lebih baik.

“Berjalan merupakan aktivitas yang sangat mudah. Bisa dilakukan dengan tujuan tertentu atau mungkin hanya sekadar relaksasi,” ungkap Amber Watts, asisten profesor psikologi klinis di University of Kansas, AS.

Penelitian ini dilakukan pada 25 responden dengan penyakit Alzheimer dan 39 responden tanpa gangguan kognitif. Hasilnya ditemukan adanya perbedaan yang cukup signifikan terhadap kemampuan memori para responden.

Selain itu, studi lainnya menemukan bahwa berjalan-jalan tiga kali dalam satu pekan dapat meningkatkan kapasitas hipokampus, bagian otak besar yang berhubungan dengan kemampuan menyimpan memori. Bagian tersebut merupakan bagian yang pertama kali diserang ketika Alzheimer mendera.

Dalam studi tersebut, para peneliti meminta 120 pria dan wanita berusia 55-80 tahun untuk melakukan jalan cepat selama 40 menit sebanyak tiga kali dalam satu pekan. Setelah satu tahun, dilakukan pemindaian pada otak para partisipan.

Normalnya, otak akan semakin menyusut seiring pertambahan usia. Namun hasil pindai menunjukkan pertumbuhan pada sel otak partisipan hingga 2%. Demikian informasi yang diperoleh American Association for the Advancement of Science dalam sebuah konferensi tahunan, dan dikutip pada Selasa (18/11/2014).

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*