Makin canggih, Honda memperkenalkan fitur anti-tabrakan

honda

Sumber : – | Author : Worldcarfans

Honda memperkenalkan teknologi terbarunya yang terbungkus pada sistem Sensing driver-assistive. Fitur keamanan kendaraan ini akan mulai ditanamkan pada beberapa model mulai akhir 2014.

Sensing driver-assistive tersebut digambarkan sebagai langkah Honda menuju terwujudnya lalu lintas bebas tabrakan. Sistem Sensing menggunakan radar gelombang milimeter dan kamera monokuler untuk mendeteksi objek di depan atau pejalan kaki.

Sistem ini memiliki lima fungsi utama yakni :

Pertama adalah sistem Collision Mitigation Braking yang memberikan peringatan audio dan visual bila ada ada potensi tabrakan. Jika pengemudi gagal bereaksi, mobil secara otomatis akan mulai proses pengereman sendiri untuk mencegah atau mengurangi risiko kecelakaan.

Kedua adalah Road Departure Mitigation yang menggunakan kamera untuk memberikan peringatan ketika mobil keluar dari jalurnya. Roda kemudi bergetar dan peringatan audio diaktifkan. Bila pengemudi gagal bereaksi, mobil akan mencoba untuk mengarahkan kembali ke jalur tersebut secara otomatis. Jika kendaraan menyimpang terlalu jauh saja, mobil akan secara otomatis mengaktifkan rem.

Ketiga sistem Pedestrian Collision Mitigation Steering yang menggunakan radar dan kamera untuk mendeteksi pejalan kaki dan garis batas di sisi jalan. Sistem akan membaca situasi saat mobil menuju garis samping dan berpotensi menabrak pejalan kaki. Mobil akan otomatis mengarah keluar dari jalan untuk mencegah tabrakan.

Lalu sistem keempat False Start Prevention Function yang membaca lampu stop pada kendaraan di depan. Ini membantu saat pengemudi sedang melaju kencang, tapi ada kendaraan di depan. Mobil akanĀ  memberikan audio dan peringatan visual serta getaran pada pedal gas.

Kelima adalah sistem Lead Car Departure Notification yang menyediakan informasi melalui audio dan visual bila situasi jalan akan bertemu dengan kemacetan lalu lintas. Lima fitur ini melengkapi fitur standar yang sudah ada seperti Lane Keeping Assist, Traffic Sign Recognition dan Adaptive Cruise Control dengan Low-Speed Follow.

Sumber: worldcarfans

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*