Pemerintah Solo punya siasat mengantisipasi banjir - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Pemerintah Solo punya siasat mengantisipasi banjir

on

peninggian tanggulSapujagat.com – Pemerintah kota Solo akan mencegah meluapnya air ke kota dengan meninggikan tanggul Sungai Bengawan Solo. Peninggian 1,5 meter tersebut akan dimulai awal 2015, dari Demangan, Sangkrah Mojo dan Semanggi.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan peninggian tanggul Sungai Bengawan Solo dilakukan untuk memperkuat struktur tanggul. Ia mengaku sudah membahas hal tersebut dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

“Kita sudah membahasnya dengan BBWSBS. Untuk peninggian tanggul akan dikerjakan tahun depan,” ujarnya.

Menurut Hadi Rudyatmo atau sering di sapa Rudy, panjang tanggul yang akan ditinggikan mencapai sekitar 5 kilometer.
Ia mengatakan kondisi tanggul kawasan Demangan hingga Mojo belum memadai. Peninggian tanggul ini akan disamakan dengan kawasan Pucangsawit dan Sewu. Dengan peninggian itu diharapkan luapan air Sungai Bengawan Solo tidak masuk wilayah Solo.

Selain peninggian tanggul, Pemkot juga tengah fokus dalam penataan Kali Pepe. Penataan Kali Pepe diharapkan mampu menjadi ikon wisata air baru di Kota Bengawan.

“Penataan Kali Pepe kita mulai dengan membangun rumah deret di belakang Pura Mangkunegaran. Kita juga melakukan pengerukan sedimentasi di kali itu,” pungkasnyau