8 cara jitu agar body mobil kamu tetap kinclong - Infotainment News Online Terkini

JagatCara

8 cara jitu agar body mobil kamu tetap kinclong

on

timthumb.php

Sapujagat.com – Musim penghujan telah tiba, musim hujan adalah musim yang membuat “galau” para pemilik kendaraan, khususnya mobil. Bagaimana tidak ? saat mobil di bawa saat hujan, mesin akan mudah berkarat karena terkena air kubangan, belum lagi masalah body mobil yang kotor terkena cipratan air banjir setelah hujan.
Berikut tips yang dapat di aplikasikan untuk merawat cat mobil:

1. Lindungi Mobil dari Cuaca yang Kurang Baik
Sinar matahari yang langsung terkena mobil secara terus-menerus dan mobil yang terkena air hujan (jika tidak segera dikeringkan) akan dapat merusak cat mobil, yaitu seperti merusak lapisan catnya maupun timbul bercak jamur dan juga dapat menyebabkan korosi sehingga mobil cepat keropos karena air hujan memiliki kandungan garam. Untuk menghindari hal tersebut, parkirlah mobil di tempat yang teduh atau beratap agar tidak langsung terkena sinar matahari maupun air hujan. Apabila memang memarkir mobil di tempat yang terbuka, sebaiknya gunakan penutup mobil (car cover) yang memiliki kualitas baik, sehingga mobil Anda terlindungi. Dan jika mobil kehujanan, segeralah cuci mobil dengan shampo mobil agar kandungan garam yang menempel pada mobil segera hilang.

2. Mencuci Mobil dengan Rutin
Kesalahan pencucian mobil dapat menyebabkan baret-baret halus dan akhirnya dapat membuat cat mobil menjadi rusak. Hal itu akan tampak terlihat jelas saat mobil terkena sinar matahari. Cuci mobil memang sangat penting dan dianjurkan minimal 1 bulan 1-3 kali mencucikan kendaraan pada tempat ini tergantung aktifitas keseharian Anda. Hal ini untuk menghindari penumpukan polutan, debu dan bahan kimia yang dapat merusak lapisan warna cat mobil. Untuk waktu mencuci mobil pun disarankan pada saat temperatur udara tidak panas atau matahari tidak terik, misalnya pada pagi atau sore hari dan juga saat kendaraan dalam keadaan dingin serta dilakukan ditempat yang terbuka dan teduh.
Pada saat mencuci mobil, tekanan semprotan air jangan terlalu kencang. Karena tekanan air yang terlalu kencang dapat merusak cat mobil Anda. Semprotan tersebut berguna untuk memudahkan dalam membersihkan kotoran yang menempel pada mobil. Selain itu, jangan biarkan busa sabun terlalu lama menempel apalagi jika dibawah sinar matahari karena akan menimbulkan bercak noda pada cat mobil. Maka segeralah bilas mobil dengan air.

3. Gunakan Produk Pembersih Mobil, Bukan Detergen
Pencinta otomotif harus cermat dalam memilih shampo mobil agar cat selalu terlihat bagus dan terawat. Perhatikan kandungan yang terdapat dalam shampo. Kandungan shampoo yang tidak balance dan mengandung silicon serta minyak tanah dapat memudarkan warna cat mobil sehingga membuat mobil menjadi kusam jika digunakan dalam waktu yang lama. Hindari pula penggunaan sabun detergen untuk mencuci mobil Anda, karena itupun akan memudarkan kilap pada mobil. Disarankan jika ingin membeli shampo untuk membersihkan mobil, shampo tersebut memiliki kandungan bahan-bahan organik, seperti bahan kaolin clay (sejenis lumpur dari mineral) dan carnauba wax (lilin dari pohon kelapa).

4. Segera Keringkan Mobil dengan Lap Setelah Pencucian
Setelah mobil selesai dibilas, mobil harus segera dikeringkan menggunakan lap kulit atau kanebo, agar air tidak menempel dan membekas pada body mobil. Mulailah dengan mengelap kaca dan bodi bagian atas.

5. Hilangkan Debu-Debu Kasar pada Mobil
Perhatikanlah debu-debu yang da di mobil Anda, karena satu partikel/debu kasar saja bisa menyebabkan cat mobil tergores. Hilangkan debu mobil tersebut, dengan menggunakan kemoceng secara perlahan.

6.Hindari Cairan yang Dapat Merusak Cat Mobil
Apabila mobil kesayangan Anda terkena tumpahan seperti minyak rem, cairan oli, dan cairan lainnya yang dapat merusak cat segeralah dibersihkan. Disarankan agar penyimpanan minyak rem, cairan oli, dan sejenisnya yang dapat merusak tidak terlalu berdekatan dengan body mobil Anda.

7. Gunakan Wax
Mobil yang selalu terlihat mengkilap memang indah. Salah satu caranya yaitu dengan melapisi mobil Anda dengan wax, agar terlindungi dari sinar UV dan polutan lain serta menjaga warna agar tetap berkilau. Waxing dapat dilakukan setiap 2-3 bulan sekali untuk memberikan perlindungan ekstra pada cat mobil anda namun jangan berlebihan.

8. Poles atau Salon Kendaraan
Poles atau salon kendaraan memang memerlukan dana sedikit lebih banyak dan juga memerlukan waktu hingga beberapa jam. Namun, tentu saja ada keuntungannya yaitu dapat melindungi warna cat kendaraan dari sinar matahari, warna cat akan kembali berkilau, dan akan sangat memudahkan dalam membersihkan kotoran yang menempel setelah hujan. Hal penting yang harus diketahui adalah mobil yang telah dipoles sekalipun harus tetap rajin dibersihkan.

Recommended for you