ISIS membuat mata uang untuk warga khilafah - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

ISIS membuat mata uang untuk warga khilafah

on

140702-syria-isis-parade-raqqa-1053a_319361e42828771c967a349960c81eabSapujagat.com – Pemimpi dari organisasi teror Negara Islam Irak dan Syam (ISIS)  tersebut  berpesan supaya mulai mencetak koin emas, perak dan tembaga sebagai mata uang dinar Islam kepada anggotanya

Perkataan ini terpampang laman situs kelompok tersebut pada Jumat (14/11) lalu seperti dilansir ABC News. Dikatakan bahwa pimpinan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi menyuruh pengikutnya mencetak uang koin dalam rangka “mengubah sistem moneter kejam akibat ekonomi Barat yang memperbudak kaum Muslim.”

Menurut situs tersebut, permintaan ini disetujui oleh Dewan Syariah ISIS. Usai menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah awal tahun ini, ISIS mengumumkan tanah tersebut sudah berada di bawah kontrol khalifah. Al-Baghdadi mengaku jika dirinya merupakan khalifah tersebut. Hal ini sudah sesuai dengan interpretasi hukum Islam atau Suriah.

Menurut foto dari contoh bentuk koin itu, mereka menuliskan dalam bahasa Arab “Negara Islam / Seorang khalifah berdasarkan keputusan Nabi”.

uang-isis

Sampai sekarang masih belum jelas dari mana ISIS bisa mendapatkan pasokan bahan baku emas, perak dan tembaga untuk dijadikan koin.

Dari bocoran desain yang beredar, salah satu koin emas ini akan dihiasi simbol 7 tangkai gandum, diambil dari salah satu ayat Al Quran. Sedangkan sisi lainnya bergambar peta dunia yang menggambarkan suatu saat Islam akan menguasai jagat raya.

Untuk koin perak, salah satu sisinya dihiasi gambar pedang dan perisai yang menunjukkan lambang jihad, sedangkan sisi lainnya menggambarkan menara Damaskus seperti pernah disampaikan salah satu hadits Nabi Muhammad.

Sedangkan koin lainnya berhiaskan simbol masjid Al-Aqsa di Yerusalem, tempat rasul berdoa pada Isra Miraj. Masjid tersebut adalah tempat suci ketiga bagi agama Islam. Sisi lain dari koin tembaga ini bergambar bulan sabit dan tiga pohon palem yang merupakan simbol agama.